Senin, 21 Maret 2022

Teknik Promosi Buku


Judul              : Teknik Promosi Buku
Resume Ke    : 28
Gelombang    : 23
Tanggal          : 21 Maret 2022
Narasumber   : Akbar Zainudin 
 
"Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna". -Pramoedya Ananta Toer
 
Buku yang telah selesai ditulis dan siap untuk diterbitkan tentunya perlu dipromosikan agar dapat menemukan para pembacanya. Tentunya hal ini tidaklah mudah. Hal ini merupakan tantangan agar buku yang ditulis dapat dibaca dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.

Kelas belajar menulis PGRI malam ini akan membantu penulis agar dapat mempromosikan hasil karyanya.
Sebelum mempromosi sebuah buku ada baiknya kita harus mengetahui strategi pemasaran buku. 

STRATEGI PEMASARAN BUKU

Strategi pemasaran, termasuk buku terdiri dari empat hal yang dikenal dengan 4P.
1. Product (Strategi Produk)
2. Price (Strategi Harga)
3. Place of Distribution (Distribusi)
4. Promosi
 
Perlu untuk diketahui oleh seorang penulis, sebelum menulis hendaknya kita harus menentukan terlebih dahulu target pembaca kita. Karena strategi untuk anak-anak tentu berbeda dengan strategi untuk remaja ataupun orang tua.

1. STRATEGI PRODUK
    Ini sebenarnya lebih banyak menjadi tanggung jawab penerbit. Kita sebagai penulis lebih banyak memberikan masukan kepada penerbit siapa target pembaca kita, dan apa kebutuhan mereka terhadap buku kita. Dengan demikian, konsep buku yang akan diterbitkan nanti menyesuaikan dengan kebutuhan dari target audiens.

2. STRATEGI HARGA 
    Menentukan harga buku juga biasanya menjadi tanggung jawab penerbit. Pada dasarnya penentuan harga buku, ada dua strategi. Pertama, adalah harga buku secara umum. Kedua adalah buku dijual dengan harga premium (lebih mahal dibandingkan buku biasa). Harga buku dapat dijual lebih mahal jika mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan buku-buku yang lain. Misalnya hard cover, ditambah bonus-bonus (voucher seminar, workshop, dan lain-lain)

3. STRATEGI DISTRIBUSI
    Distribusi secara umum dibagi menjadi dua,  distribusi tradisional dan distribusi non tradisional. Distribusi tradisional adalah melalui toko-toko buku, baik toko-toko buku jaringan nasional maupun toko buku lokal.
Distribusi non tradisional adalah sbb.
1. MLM (Multilevel Marketing)
2. Penjualan Langsung
3. Marketplace/e-Commerce (Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee)
 
4. STRATEGI PROMOSI
Program promosi dapat dilakukan oleh penerbit maupun penulis. 
Beberapa program promosi yang bisa dilakukan. 
1. Launching buku adalah program untuk meluncurkan buku baru. 
   Bisa di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel, di mana saja. Yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis. Yang membiayai launching buku siapa? Bisa penerbit, bisa penulis. Kita perlu meyakinkan penerbit kalau buku kita akan laku, karena itulah mereka perlu menyelenggarakan program launching buku.

2. Bedah Buku.
    Bedah buku adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku ini bisa secara online maupun offline. Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan berbagai lembaga. Lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, masjid, dan sebagainya.
Pokoknya, di semua tempat dan situasi yang memungkinkan, kita tawarkan bedah buku. Berapapun yang hadir, kita selenggarakan terus menerus. Apalagi sekarang ini eranya digital. Bukan berapa orang yang hadir yang penting, tetapi direkam lalu diupload di Medsos acara kita. InsyaAllah akan semakin membuat orang mengenal kita. Yang lebih mudah sekarang ini adalah bedah buku secara online. Kita undang orang-orang untuk ikut acara bedah buku bersama kita. Bisa di FB, IG, WA Grup, Zoom, dan sebagainya.
 
3. Melakukan seminar ataupun workshop sesuai dengan tema buku.
  Seminar atau workshop ini, pertama-tama boleh dilakukan secara gratis. Karena target kita adalah mengenalkan buku kepada para peserta. Lakukan secara kontinyu, misalnya sebulan sekali. Kalau misalnya bisa offline, laksanakan di sekolah misalnya. Kalau tidak bisa offline, lakukan secara online. Bisa via WA, Zoom, FB, IG, dan sebagainya.
 
4. Membangun komunitas. 
   Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang kita sesuaikan dengan tema buku kita. Kalau buku kita temanya motivasi, maka kita tuliskan buku-buku tentang motivasi. Buku tentang guru, maka bangun komunitas guru. Buku tentang menulis, bangun komunitas menulis. Buku tentang Ice Breaking, bangun komunitas Ice Breaking. Buku tentang bahasa, bangun komunitas bahasa.
Komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca sehingga memudahkan kita untuk menawarkan mereka dalam membeli buku.

5. Membangun jaringan reseller. 
   Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan 20-30 persen komisi dari harga jual. Misalnya harga jual buku kita Rp 100.000, kita kasih 20-30%, kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjual. Dengan adanya jaringan reseller akan memudahkan kita menjual buku.
 
6. Berjualan di marketplace. 
  Buka toko di marketplace (Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya). Membuka toko di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita.  Yang penting keberadaan kita dan buku kita ada. Itulah pentingnya ada.
 
Seorang penulis jika memiliki beberapa keterampilan akan membantu proses penjualan buku.
1. Keterampilan berbicara yang baik di depan umum (public speaking).
    Pada saat kita punya acara ataupun rekaman di Medsos dan YouTube, menjadi menarik bagi calon pembaca.
2. Kemampuan copywriting (membuat menarik untuk promosi dan penjualan). Ini salah satu keterampilan paling penting untuk menjual pada Abad 21. 
3. Pemanfaatan teknologi informasi. 
    Bagaimana memanfaatkan media sosial seperti YouTube, WA, IG, Facebook, Zoom, Webex, Google Meet, dan sebagainya. Karena eranya sekarang seperti itu. Kalau kita bisa memanfaatkan dengan baik, hidup akan lebih mudah.
 
"Menulislah dengan keberanian. Walau keberanian tidak menjamin kesuksesan, tapi percayalah hanya orang-orang berani yang akan sukses".
 
 
 
 

 


 
 
 
 
 

6 komentar:

Mengelola Taman Bacaan Judul              : Mengelola Taman Bacaan Resume Ke    : 30   Gelombang    : 23 Tanggal          : 25 Maret 2022 Na...